Sabtu, 05 Maret 2011

Pentingnya Hubungan Internasional bagi Suatu Negara

Secara kodrati, manusia adalah sebagai makhluk individu, sosial, dan ciptaan Tuhan. Manusia sebagai makhluk sosial selalu memerlukan dan membentuk berbagai persekutuan hidup untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Sifat alamiah manusia adalah hidup berkelompok, saling menghormati, bergantung, dan saling bekerja sama. Seperti halnya dalam hubungan antarbangsa, suatu bangsa satu dengan lainnya wajib saling menghormati, bekerja sama secara adil dan damai untuk mewujudkan kerukunan hidup antarbangsa. Hubungan antarbangsa di sini disebut sebagai hubungan internasional.
Bangsa Indonesia dalam membina hubungan internasional menerapkan prinsip-prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif yang diabdikan bagi kepentingan nasional, terutama untuk kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Prinsip bebas artinya Indonesia bebas menentukan sikap dan pandangannya terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa dunia yang secara ideologis bertentangan (Timur dengan komunisnya dan Barat dengan liberalnya). Adapun prinsip aktif berarti Indonesia aktif memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan, aktif memperjuangkan ketertiban dunia dan aktif ikut serta menciptakan keadilan sosial dunia.
Dalam membina hubungan internasional indonesia mempunyai tujuan untuk meningkatkan persahabatan, dan kerjasama bilateral, regional, dan multilateral melalui berbagai macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional. Untuk menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, negara kita harus tetap melaksanakan politik luar negeri yang bebas dan aktif.
Arti penting hubungan internasional bagi suatu negara antara lain karena faktor-faktor berikut :
1) Faktor internal :
Berupa kekhawatiran teracamnya kelangsungan hidup suatu negara, baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.
2) Faktor eksternal :
a. Berlakunya hukum alam bahwa suatu negara tidak ada yang dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain.
b. Membangun komunikasi lintasbangsa dan negara guna mewujudkan kerja sama produktif dalam memenuhi berbagai kebutuhan yang menyangkut kepentingan nasional negara masing-masing.
c. Mewujudkan tatanan dunia baru yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian yang abadi bagi warga dunia.
Prinsip yang digunakan dalam membina hubungan kerja sama internasional dengan negara lain adalah sebagai berikut :
1) Saling menguntungkan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing negara.
2) Diabdikan kepada kepentingan nasional demi kesejahteraan rakyat.
3) Dilandasi oleh politik luar negeri yang bebas dan aktif.
4) Diarahkan untuk turut mewujudkan tatanan dunia baru berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
5) Berdasarkan persamaan derajat, harkat dan martabat manusia.
Tujuan dari kerja sama internasional antara lain :
1) Memacu pertumbuhan ekonomi di setiap negara.
2) Menciptakan saling pengertian antarbangsa dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia.
3) Menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat di negara yang berkaitan.
4) Memenuhi kebutuhan setiap negara atau pihak yang berhubungan.
5) Mempererat hubungan, rasa persahabatan dan persaudaraan.

0 komentar:

Poskan Komentar